Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Generasi Komputer

KOMPUTER...?

Hai sobat Asal Tau Teknologi, kali ini saya akan menjelaskan perngertian komputer ke kalian semua, mungkin saat ini kalian sudah tidak asing lagi dengan komputer meskipun, beberapa di antara kalian ada yang benar - benar awam dengan komputer.

Pengertian Komputer.

Komputer berasal dari kata Yunani Computare yang memiliki arti Menghitung, jadi secara umum Komputer adalah Sebuah alat Elektronik yang dirancang dalam bentuk organisasi struktutal yang mana dapat secara otomastis menyelesaikan tugas - tugas seperti Input, Proses, maupun Output, dengan suatu program atau intruksi - intruksi yang telah tersimpan dalam memorinya.

Sebetulnya pengertian tersebut merupakan pengembangan dari awal terciptanya komputer, Komputer dahulu kala adalah alat yang digunakan untuk berhitung, dan dengan berkembangnya teknologi informasi, pengertian dari komputer tersebut juga berkembang seiring dengan bertambahnya fungsi dari komputer tersebut, yang awalnya dari alat hitung hingga menjadi komputer yang sekarang ini.

Sejarah Perkembangan Komputer

Perkembangan Komputer dibagi dalam 5 Generasi 

ENIAC

 Generasi Pertama

Komputer generasi pertama ini pertama kali diciptakan pada masa Perang Dunia Ke - 2 yang mana negara - negara yang saat itu berperang mulai mengembangkan komputer, yang mana dapat digunakan untuk membatu mereka dalam peperangan, seperti pada tahun 1941 Konrad Zuse seorang insiyur dari jerman ini mengembangkan komputer untuk mmbantunya dalam mendisain pesawat dan peluru kendali.

Dan tidak lupa pula Amerika yang mana mereka mengembangkan komputer mereka, Seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM yang bernama Howard H. Aiken berhasil memproduksi kalkulator elektronik untk US NAVI, kalkulator tersebut berukuran sangat besar yakni dengan panjang sekitar setengah lapangan sepakbola yang diberi nama The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator atau Mark 1, Mesin tersebut membutuhkan waktu 3 - 5 detik untuk setiap perhitungan.


Perkembangan selanjutnya Amerika Serikat bekerja sama dengan University of Pennsylvania, Berhasil menciptakan Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Komputer ini lebih canggih dari pada Mark 1, namun dalam bentuk yang sama - sama besar, dengan komponen terdiri dari 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor, dan mengkonsumsi 140 KW.

IBM 7090

Generasi Kedua 

Dengan Ditemukannya transistor Pada tahun 1948, perkembangan komputer semakin bertambah cepat, hal ini karena transistor menggantikan Vakum Tube atau Tabung hampa udara, sehingga berakibat dengan menyusutnya ukuran komputer, dan pada tahun 1956 Transistor resmi digunakan di perangkat komputer, tidak hanya transistor penemuan - penemuan lainpun bermunculan seperti Pengembangan memori magnetik yang berimbas pada ukuran dan kecepatan Komputer Generasi Kedua yang lebuh kecil serta cepat dalam pemrosesan serta lebih hemat energi
CDC 6000

 Generasi Ketiga

adanya trasistor memang membuat komputer berkembang pesat dan menjadikannya semakin kompleks. Namun masalah lain timbul karena penggunaan trasistor sebagai komponen komputer menghasilkan panas yang berlebih. Sehingga ditakutkan akan merusak komponen - komponen elektronik lainnya. sehingga pada tahun 1958 seorang insiyur yang bernama Jack Kilby mengembangkan sirkuit terintegrasi atau yang kita sebut IC (Itegrated Curcuit). Dengan menggabungkan 3 Komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. dan kemudian dikembangkan lagi oleh para ilmuwan dengan memasukan lebih banyak lagi komponen elektornika dalam satu Chip tunggal semi konduktor. dan dengan begini komputer menjadi semakin kecil karena beberapa komponen dapat di gabungkan menjadi satu dalam sebuah Chip. dan pada Generasi Ketiga ini, komputer sudah menggunakan Sistem Operasi (OS)
GENERASI KE 4

 Generasi Keempat

Setelah adanya IC pengembangan komputer selanjutnya yaitu pengecilan sirkuit - sirkuit komputer. yang mana pada awal mula IC tercipta dengan menggabungkan Komponen - komponen menadi satu dalam bentuk Chip. yang awalnya hanya ratusan komponen yang bisa dimasukan dalam satu chip berkembang hingga bisa memasukan jutaan komponen menjadi satu buah Chip. Kemampuan ini membuat turunnya harga produksi dan juga ukuran komputer dan juga meningkatkan kinerja komputer. Dan pada tahun 1971 Intel membawa kemajuan pesat pada komputer dengan menghadirkan Chip Intel 4004 dengan meletakan seluruh komponen komputer  dalam satu Chip sangat kecil atau Mikroprosesor. dengan perkembangan IC tersebut pada tahun 1981 IBM memperkenalkan penggunaan PC (Personal Computer) untuk penggunaan di rumah, kantor ataupun sekolahan.

Generasi Kelima

Untuk komputer generasi kelima ini atau komputer masa sekarang sebenarnya sulit untuk di definisikan. karena Komputer generasi kelima ini bisa dikatan Komputer imajinatif yang mana akan terus berkembang dan tidak ada batasnya. hal ini dikarenakan semakin banyaknya inovasi - inovasi dari teknologi komputer tersebut, yang dahulu kala seseorang hanya bisa membayangkan atau berimajinasi komputer bisa membuat suatu keputusan sendiri tanpa adanya campur tangan manusia dan di Generasi kelima ini kita sudah bisa mewujudkannya dengan kecerdasan buatan dan juga dari segi komponen sendiri semakin dapat diringkas sehingga memungkinkan komputer masa kini memiliki bentuk yang lebih kecil bahkan ada yang seukuran Flashdisk

Itulah sekilas Pengertian dan Perkembangan Komputer Dari Generasi ke Generasi. Semoga informasi ini dapat meperluas serta mengenal komputer lebih dalam lagi. sehingga untk kedepannya tidak ada lagi orang yang tidak bisa mengoperasikan komputer.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Generasi Komputer"

Post a Comment